Rabu, 26 Oktober 2011

Amanah Buat Insan Kampus



TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI


1.
MEMBENTUK MANUSIA SUSILA YANG BERJIWA PANCASILA DAN BERTANGGUNG JAWAB AKAN TERWUJUDNYA MASYARAKAT SOSIALISASI INDONESIA YANG ADIL DAN MAKMUR MATERIL DAN SPIRITUIL.


2.
MENYIAPKAN TENAGA YANG CAKAP UNTUK MEMANGKU JABATAN YANG MEMERLUKAN PENDIDIKAN TINGGI DAN YANG CAKAP BERDIRI SENDIRI DALAM MEMELIHARA DAN MEMAJUKAN ILMU PENGETAHUAN


3.
MELAKUKAN PENELITIAN DAN USAHA KEMAJUAN DALAM LAPANGAN ILMU PENGETAHUAN, KEBUDAYAAN DAN KEHIDUPAN KEMASYARAKATAN

Rabu, 12 Oktober 2011

MEMAHAMI MODEL DAN SISTEM


Definisi yang dikenal luas tentang Teknik Informatika adalah ilmu yang berkaitan dengan keahlian merencanakan, menganalisa dan merancang, menguji dan menginstalasi suatu produk sistem pengolahan informasi berbantuan komputer yang terintegrasi. Pada tingkat tertentu proses tersebut akan menghasilkan tools sistem yang memiliki pola kerumitan yang hampir menyamai cara berpikir manusia dalam menyelesaikan masalah.  Intinya adalah mentransformasikan cara manusia penyelesaian masalah hingga dapat dilakukan juga oleh komputer (transformasi ‘model logika’ dan ‘sistematika’). Harapan akhirnya, bagaimana membangun suatu fungsi sistem mesin, dengan hanya satu aksi (tombol) segala kebutuhan akan hadir sejelas-jelasnya di hadapan kita.
MODEL
Model adalah contoh sederhana dari sistem dan menyerupai sifat-sifat sistem yang dipertimbangkan, tetapi tidak sama dengan system.
 
SISTEM KOMPUTER
 
Sistem computer, computer system, adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.

TABEL CONTOH SISTEM DAN KOMPONENNYA

ANTITI
ATRIBUT
AKTIVITAS
KEJADIAN
VARIABEL STATUS
KERJA
TUGAS
MENGERJAKAN TUGAS
KESALAHAN LAPORAN
JUMLAH TUGAS YANG MENUMPUK
PENJUALAN
CUSTEMER
MELAKUKAN TRANSAKSI
KEDATANGAN,KEPERGIAN
JUMLAH SALES YANG SIBUK MELAYANI CUSTEMER
KEDOKTERAN
PASIEN
MENANGANI KELUHAN KESEHATAN PASIEN
KEDATANGAN,KEPERGIAN
JUMLAH DOKTER YANG SIBUK MENANGANI PASIEN
 
Perkembangan perangkat keras (Hardware) dimulai dari munculnya produk elektronik yang dapat diprogram (elektronika kontrol), lalu kemampuan aritmetik dan logik, sehingga dapat dijadikan mesin hitung, terakhir iPod multimedia dan portabel.Perangkat lunak mulai berkembang semenjak hardware bersifat mampu program, instruksi atau program yang sistematis dimasukkan pada mesin, sehingga perlu disusun suatu Library Machine Code yang standar agar mesin tersebut akan mampu mengenali lebih banyak lagi instruksi, yang dikenal dengan microcode decoder. Sistem Informasi merupakan akibat logis dari perkembangan Hardware dan Software secara luas dengan dukungan perkembangan telekomunikasi yang telah melebarkan domain pengguna individual (user) menjadi sebuah komunitas baru, yaitu individu, organisasi bisnis, pemerintahan, dan masyarakat luas, hingga semakin kompleks. Diperlukan suatu keahlian khusus dalam mengelola Hardware, Software dan User-Community, agar sasaran dan tujuan keterlibatan teknologi dalam organisasi dapat dicapai. Periode ini dinamakan Era Perkembangan Sistem Informasi, yang merupakan respon dan sikap aktif user bisnis terhadap perkembangan teknologi komputer. Sistem informasi menjembatani kebutuhan aktifitas penyelesaian masalah organisasi manajemen dan bisnis dengan computing technology , hingga menjadi ujung tombak produk teknologi informasi yang dapat berhubungan langsung dengan pemakai.
Model integrasi teknologi perangkat keras, perangkat lunak, sistem informasi dan telekomunikasi, kemudian dikenal sebagai Teknologi Informasi.

Saat ini disiplin ilmu komputer telah berkembang semkin meluas menjadi 5 disiplin ilmu (IEEE-ACM Computing Curricula 2005, The Overview Report), yaitu :
• Computer Science,
• Computer Engineering,
• Information System,
• Software Engineering dan
• Information Technology.
Domain ilmu computing yang dikaji pada masing-masing disiplin tersebut di atas memiliki kecenderungan arah yang berbeda, namun muatan terbesarnya tetap sama.
Penamaan disiplin ilmu Teknik Informatika sendiri, bermula dari Eropa daratan, dipelopori oleh Perancis, Belanda dan Jerman. Teknik Informatika memiliki lebih banyak kesamaan dengan Computer Science (bahkan dianggap memang sama) dibanding disiplin computing lainnya, namun demikian, para penggagasnya menyatakan bahwa Teknik Informatika meliputi hampir semua aspek penting dari kelima disiplin di atas.