Rabu, 10 Februari 2016

PERLUNYA PELATIHAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS



Inventarisasi sumberdaya-sumberdaya alam dan lingkungan serta perencanaan dan pengelolaan wilayah menjadi bertambah penting saat ini sehubungan dengan diterapkannya undang-undang otonomi daerah dan perimbangan pendapatan pusat dan daerah.
Pemerintah daerah sudah seharusnya lebih mengenal potensi-potensi sumberdaya alam dan lingkungan yang terdapat di wilayahnya dengan melakukan inventarisasi, perencanaan dan pengelolaan wilayah yang lebih baik dan efisien. Sebagian besar pendapatan asli daerah dapat direncanakan dan diperhitungkan dengan mempertimbangkan berbagai macam sumberdaya alam dan lingkungan yang terdapat di daerah menurut nilai-nilai ekonomis, kesesuaian dan kemampuan lahan dan aspek-aspek kualitas lingkungan yang perlu dipertimbangkan. Dengan demikian, terhindar adanya kebijakan-kebijakan yang merugikan dan tumpang tindih dalam menentukan prioritas eksplorasi, eksploitasi dan proyek pembangunan pada suatu wilayah, antara lain dalam menentukan jenis sumberdaya alam yang diekspoitasi. Inventarisasi, perencanaan dan pengelolaan sumberdaya-sumberdaya alam dan lingkungan dapat dilakukan lebih baik dan cepat dengan menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG).
   Agar dapat melakukan inventarisasi, perencanaan dan pengelolaan wilayah dengan menggunakan sistem informasi geografi maka perlu adanya perangkat keras dan perangkat lunak sistem informasi geografi, dan didukung oleh sumberdaya manusia yang mampu menangani sistem ini.

Tidak ada komentar: