Selasa, 10 April 2012

Memahami Manejemen Logistik

Ayo kita pahami Manajemen Logistik dengan melihatt langsung contoh aplikasinya di perusahaan yang berbisnis Logistik. Coba terangkan dengan detil apa saja perushaan yang berurusan dengan bidang Logistik, dan jelaskan flow aktivitas logistiknya masing-masing..Oke..anda pasti bisa kalo semangat menggalinya.....

5 komentar:

Anonim mengatakan...

NAMA:ANDREW ALPIUS
NIM:0926201016
SMESTER:VI sore B

Yang saya ambil contoh dalam tugas ini adalah EXPEDISI CV.MAKMUR
CV,Ini bergerak dalam bidang pengriman barang,dengan trayek
MEDAN-DUMAI,maupun sebaliknya.
dalam proses pengiriman barangnya
CV ini mengunakan bus makmur sebgai angkutan nya.cv ini beralamat di jl kelakap tujuh.


FLOW CHART

Agen(administrasi/loket)---PROSES PENGEPAKAN---PEMILIHAN JENIS BARANG---PENGIRIMAN ke loket medan--PENGECEKAN KEADAN BARANG DI MEDAN--PROSES ANTAR ke alamat.

selesai

Anonim mengatakan...

NAMA : MEYLING
NIM : 0926201151
KELAS : T.Ind Sore B VI

"FedEx"
Latar Belakang Perusahaan
 FedEx didirikan oleh Frederix W. Smith, dimana dia memperoleh lisensi sebagai pilot sebelum kuliah.
 Konsel awal FedEx adalah sebagai sebuah perusahaan kargo udara yang dispeliasasikan pada pelayanan pengiriman paket satu malam dari pintu ke pintu dengan menggunakan pesawat sendiri.
 Untuk memotong biaya dan waktu, operasional pengiriman barang dilakukan malam hari disaat lalu lintas sudah sepi.
 Dinamakan FedEx karena ambisi Smith untuk melayani Federal Reserve dan bermaksud membuat sebuah nama dengan konotasi geografi yang luas.

Manajemen Pemasaran FedEx
Pada tahun 1997, FedEx pernah dikalahkan oleh DHL, untuk itu diperlukan keunggulan strategi jitu dalam marketing mix, agar mendapatkan keberhasilan yang luar biasa. Marketing mix merupakan tools bagi marketer yang berupa program pemasaran yang mempertajam segmentasi, targeting, dan positioning agar sukses. Marketing mix mencakup 4P: Product,Price, Place, and Promotion. Sedang untuk bidang jasa, keempat tahap tersebut masih kurang ditambah 3 lagi: People, Process, dan Customer Service. Semua elemen tersebut saling berpengaruh satu sama lain, bila salah satu tidak tepat maka akan mempengaruhi keseluruhan.

ELEMEN MARKETING MIX JASA
1. Product
Product merupakan keseluruhan konsep obyek atau proses yang memberikan sejumlah nilai manfaat bagi konsumen. Lazer (1971) berpendapat bahwa produk adalah aspek yang paling penting bauran pemasaran untuk dua alasan utama:
a. Untuk produsen, produk ekspresi pasar's produktif kemampuan perusahaan dan menentukan kemampuannya untuk menghubungkan dengan konsumen.
b. Untuk menyadari bahwa hasil dari setiap organisasi adalah baik komponen dan determinan dari bauran pemasaran karena memiliki pengaruh yang besar pada unsur-unsur lain dari campuran: periklanan, penjualan pribadi, saluran distribusi, distribusi fisik dan harga.
2. Pricing
Tujuan pricing yaitu survival, profit maxzimitation, sales maxzimitation, prestige, ROI (return on investment).
3. Place
Place adalah gabungan dari lokasi dan keputusan antara saluran distribusi.
Lokasi
Lokasi berarti dimana perusahaan harus bermarkas dan melakukan operasi.
Dua jenis .
interaksi yang mempengaruhi lokasi:
a. Konsumen mendatangi perusahaan
Bila keadaannya seperti ini maka lokasi sangat penting. Perusahaan sebaiknya memilih tempat yang dekat dengan konsumen sehingga mudah dijangkau.
b. Pemberi jasa mendatangi konsumen
Dalam hal ini lokasi menjadi tidak terlalu penting, tapi yang harus diperhatikan adalah penyampaian jasa harus berkualitas.
4. Promotion
Perlu diperhatikan dalam promosi adalah gabungan promosi yang terdiri dari advertising, personal selling, sales promotion, public relation, word of mouth, dan direct mail. Market dapat memilih sarana yang dianggap sesuai untuk mempromosikan jasa .
5. People
People yang berfungsi sebagai sevice provider yang sangat berpengaruh pada kualitas jasa yang diberikan. Ada 2 kriteria pengaruh aspek people yang mempengaruhi konsumen:
a. Contractors, people berinteraksi secara langsung dengan konsumen dalam frekuensi yang cukup sering dan sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli.
b. Modifier, mereka cukup sering berhubungan dengan konsumen, tetapi tidak secara langsung mempengaruhi konsumen. Misal, front desk.
6. Process
Proses merupakan semua gabungan aktivitas, terdiri dari prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, dan hal-hal rutin sampai jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen.

Anonim mengatakan...

NAMA: RIDHORI ALZULFA
NIM : 0926201101
SEMESTER VI B SORE

VADANA INTERNATIONAL

Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang logistik yang mana berkerjasama dengan sebuah perusahaan BUMN yang bergerak dibidang pengolahan minyak bumi yang kita kenal pertamina. disana perusahaan vadana tersebut menyediakan pipa dan elbow..serta menyediakan tenaga ahli welder..

ilham mengatakan...

NAMA: ILHAM
NIM : 0826201048
SEMESTER VI B SORE

---- TIKI ---

PROSES MANAJEMEN

Komitmen manjaemen dalam memotivasi dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif merupakan konsentrasi utama dalam menyulut semangat kreatifitas dan kreatifitas seluruh personil.
dengan dilengkapi sistem yang mendukung,dukungan dari TIKI suprapto sebagai anka perusahaan kargo yagn menangani pengiriman domestik melalui darat,laut maupun udara serta pergerakan layanan export import,serta TIKINDO dan TIKITA yang menangani jasa perjalanan baik domestik maupun internasional.

CONTOH FLOW DARI DARI KEGIATAN LOGISTIK TIKI

1.Semua pemesanan yang masuk diproses sesuai batas waktu harian, yaitu pkl.15.00 WIB (kecuali hari Sabtu pkl. 12.00 WIB).
2.Konfirmasi pembayaran yang masuk sebelum pkl.15.00 WIB (kecuali hari Sabtu pkl. 12.00 WIB) akan dilakukan proses verifikasi penerimaan pembayaran dan proses pengiriman pada hari yang sama.
3.Konfirmasi pembayaran yang masuk setelah pkl.15.00 WIB (kecuali hari Sabtu pkl. 12.00 WIB) akan DIlakukan proses verifikasi penerimaan pembayaran pada keesokan harinya, dan proses pengirimannya akan dilakukan segera.
4.Armada pengiriman hanya melayani pengiriman untuk daerah Jakarta. Untuk pengiriman di luar Jakarta, TIKI bekerja sama dengan TIKI JNE jne. Semua barang yang dibeli dan dikirim melalui TIKI JNE akan diasuransikan untuk mencegah kehilangan atau kerusakan selama dalam perjalanan.
5.Segera lakukan konfirmasi pembayaran , agar bisa segera memproses pengiriman . Pembayaran yang belum / tidak di-konfirmasi akan mengakibatkan keterlambatan proses pengiriman.


Sekian dari saya,mohon maaf jika terjadi keterlambatan dalam tugas yang disebabkan oleh hal tertentu dan mohon maaf jika ada penjelasan yang kurang dari saya,saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.


regards "ILHAM"

Anonim mengatakan...

NAMA: BINNER MUNTHE
NIM :0926201030
SMESTER :VI (sore B)

JUDUL: Inti Benua Perkasatama
Manajemenya
Todays, Supply Chain Management (SCM) menjadi salah satu ikonfaktor strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif. Ini adalah kasus SCM studi dalam minyak kelapa terutama agroindustrimentah (CPO) pada PT. Eka Dura Indonesia (PT EDI), Astra Agro Lestari, Riau. Tujuan penelitian adalah pemetaan masalah SCM dariPT EDI, terutama tentang keunggulan nilai dan keunggulanproduktivitas. Selain itu, tujuan adalah membangun model simulasiSCM sebagai alat strategis untuk mengembangkan strategi untuk mencapai keunggulan kompetitif. Pendekatan sistem danpemodelan digunakan untuk menganalisis masalah SCM. Studi iniberhasil membangun model SCM yang terdiri dari SCM StrategisModel dan Model SCM Taktik. SCM Model digunakan untuk simulasibeberapa skenario tentang manajemen situs, penjadwalan pasokan,dan manajemen tangki untuk peramalan CPO. Dari model ini, studi ini juga mengembangkan rantai strategi untuk SCM untuk mencapai keunggulan kompe

Gambar flow nya

1.Tandan buah segar dibawah menggunakan trasportasi darat menggunakan mobil(truk)
2.dari PKS berupa CPO di angkut menuju bongkaran (penimbangan mobil CPO)
menggunakan transportasi darat berupa mobil tangki.
3. Dari bongkaran CPO ditransper menuju tangki timbun menggunakan pipa.
4.dari tangki timbun CPO ditransfer kerefenery(pengolahan)menggunakan pipa.
5.dari refinery minyak jadi di transfer ketangki timbun lagi menggunaka pipa .
6.dari tangki timbun minyak ditransfer menuju kapal laut menggunakan pipa.
7.dari Indonesia minyak di ekspor keluar negeri menggunakan kapal laut.

Maaf pak saya mengirim komentar saya agak terlambat .
By.Binner Munthe