Jumat, 16 Desember 2016

renungan menjadi dosen : kebermanfaatan, kepemimpinan, dan karya

Memilih berkarir menjadi seorang dosen memang memiliki kesulitan tersendiri. Ada beberapa ujian yang harus dihadapi,
Ujian 1 : Niat
Niat akan menjadi dasar segalanya. Tanpa niat yang kuat akan siap-siap mengalami demotivasi. Niat saya menjadi dosen adalah untuk lebih bermanfaat bagi orang lain dan negara ini dan bisa melakukan kegiatan yang saya suka melalui pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Terkesam diplomatis, tapi ini menjadi spirit utama untuk bisa bangkit di kala merasa down.

Ujian 2 : Mental
Mental disini lebih dikhususkan berkaitan dengan menghadapi pendapatan yang cukup (tidak kecil, bisa lebih dari cukup tergantung lifestyle). Ketika menjadi seorang dosen di Indonesia, jauhi rasa iri dan membanding-bandingkan. Insya Allah, rezeki akan mengikuti seiring meningkatnya kebermanfaatan kita baik itu melalui pengajaran, penelitian, maupun pengabdian.

Ujian 3 : Skill (pengajaran, penelitian, dan pengabdian)
Ini bagian yang paling krusial. Yang namanya dosen, mereka ga hanya untuk diri sendiri. Ada mahasiswa2 yang perlu dibina dengan memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Seorang dosen yang baik harus memiliki skill yang seimbang di ketiganya bukan hanya salah satunya saja. Mengajar dengan interaktif, melakukan proyek penelitian berkesinambungan, dan bisa mengaplikasikan ilmunya ke masyarakat adalah syarat dosen yang ideal.

Ujian 4 : Gelar akademis dan Jenjang Karir
Seorang dosen setidaknya harus mengejar studinya hingga lulus S3. Jika melakukan kuliah S2/S3 di luar negeri, setelah lulus barulah mereka menata hidup di negara asal. Network yang sempat terputus, kembali dibina. Memulai untuk membeli rumah dan keperluan lainnya. Masih ada perjalanan panjang untuk menjadi seorang menjadi professor. Selama menunggu menjadi professor, akan berkelit dengan status kepegawaian, pengajaran, riset, pengabdian, dan karya lainnya.

Ujian 5 : Karya
Semakin aktif dosen dapat dilihat dari karya-karya yang dibuat. Mereka secara mandiri, berinisiatif membuat banyak karya entah dalam bentuk riset, jurnal, seminar, buku, pengabdian, dan lain sebagainya. Dosen dituntut untuk menjadi pemimpin yang mampu mengarahkan dengan baik dan bijak, mau bagaimana karya itu dibuat.

Ujian 6 : Network
Jaringan pertemanan secara tak langsung berpengaruh terhadap kesuksesan dosen. Bagi dosen yang dapat mengaktifkan jaringan dengan baik, merekalah yang mampu menciptakan dan menemukan peluang baru yang tentu akan berimplikasi kepada kesuksesannya.

---
Saya menulis seperti ini memang hasil dari renungan sendiri beberapa hari ini dan pengalaman yang saya hadapi. Ketika memilih menjadi dosen, lupakan kepentingan dan ego pribadi. Pikirkan tentang kebermanfaatan, kepemimpinan, dan karya yang akan lahir dari hasil keringat seorang dosen itu sendiri. Profesi ini merupakan ladang amal dan aktualisasi diri.

"Semakin bermanfaat, unggul, dan aktif berkarya, semakin tinggi juga produktifitas dosen tersebut"

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Nama : Ikrom al arif l.
NIM : 1426201044
KELAS : Industri Pagi
semester : 5 (Lima)

Selama saya mempelajari pemodelan sistem ini, pengetahuan yang saya peroleh adalah apa itu model di suatu sitem, bagaimana kerja sistem, dan bagaimana cara pengembangannya untuk efaluasi serta mengoptimalkan kinerja dari sistem yang lama dengan cara menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan,tujuan, dan keputusan yang merupakan optimalisasi sebuah model.
skill yang saya miliki diantaranya ialah mengetahui penggunaan dan cakupan sistem, dan juga mampu merancang suatu sistem sederhana dan dapat mengaplikasikannya di toko. dari sistem tersebut saya dapat membuat efisiensi waktu kerja serta meminimkan pengeluaran.
sikap yang saya miliki setelah mengikuti mata kuliah ini diantaranya saya harus lebih berfikir kreatif untuk setiap perubahan yang terjadi, lebih teliti dalam setiap tindakan, dan mencari beberapa alternafif pilihan pada setiap penyelesaian permasalahan yang terjadi.
terima kasih

Unknown mengatakan...

Nama : Ikrom al arif l.
NIM : 1426201044
KELAS : Industri Pagi
semester : 5 (Lima)

Selama saya mempelajari pemodelan sistem ini, pengetahuan yang saya peroleh adalah apa itu model di suatu sitem, bagaimana kerja sistem, dan bagaimana cara pengembangannya untuk efaluasi serta mengoptimalkan kinerja dari sistem yang lama dengan cara menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan,tujuan, dan keputusan yang merupakan optimalisasi sebuah model.
skill yang saya miliki diantaranya ialah mengetahui penggunaan dan cakupan sistem, dan juga mampu merancang suatu sistem sederhana dan dapat mengaplikasikannya di toko. dari sistem tersebut saya dapat membuat efisiensi waktu kerja serta meminimkan pengeluaran.
sikap yang saya miliki setelah mengikuti mata kuliah ini diantaranya saya harus lebih berfikir kreatif untuk setiap perubahan yang terjadi, lebih teliti dalam setiap tindakan, dan mencari beberapa alternafif pilihan pada setiap penyelesaian permasalahan yang terjadi.
terima kasih

Unknown mengatakan...

Nama : Anggie Ananda Mawariska
Nim : 1526201018
Kelas : 5C
Jurusan : Teknik Industri


Tugas :

1. Pengetahuan yang saya peroleh dari permodelan sistem , yaitu :

Pemodelan sistem adalah proses membangun atau membentuk sebuah model dari suatu sistem nyata dalam bahasa formal tertentu. Untuk memodelkan suatu sistem maka kita perlu tahu gambaran permasalahan yang ada serta hubungan antar komponen, variabel dan parameter-parameter sistemnya. Sehingga agar kita dapat memodelkan suatu masalah yang rumit maka kita memerlukan suatu metode untuk menggambarkan suatu situasi.
dan mengetahui karakteristik dr permodelan sistem .
Karakteristik daripada Pemodelan Sistem, adalah sebagai berikut :
1.Dibuat dalam bentuk grafis dan tambahan keterangan secara tekstual.
2.Dapat diamati dengan pola top-down dan partitioned.
3.Memenuhi persyaratan minimal redundancy.
4.Dapat mempresentasikan tingkah laku sistem dengan cara yang transparan.
Sistem yaitu kumpulan dari objek-objek seperti orang, resource, konsep, dan prosedur yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Sedangkan Simulasi yaitu proses merancang model dari suatu sistem dan kemudian menjalankannya untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan memprediksi karakteristik dinamis dari sistem yang nyata.

2. Keterampilan.

Skill/Ketrampilan yang di dapat setelah mempelajari permodelan sistem yaitu, dapat memahami apa itu permodelan sistem, konsep sistem serta sebuah sistem dengan lebih cepat, efisien, efektif dan juga lebih tepat sasaran. Selain itu saya juga mampu mengaplikasikan diagram diagram yang telah dipelajari misalnya fungsi simulasi secara KOGNIF, EVALUATIF, PRAMAGTIF, KOMUNIKATIF. Maka dapat dipastikan kita akan tahu model sistem apa yang tepat untuk diimplemantasikan, dipertimbangkan dan dapat diterapkan dalam sebuah perusahaan di dalam mengambil sebuah keputusan yang efisien dan efektif bagi sebuah perusahaan.

3.Sikap yang dimiliki selama kuliah pemodelan sistem:

Saya dapat menerapkan ketelitian dan kecermatan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Menjadi suatu motivasi bagi diri saya karena telah mempelajari ilmu yang telah di dapatkan dengan menggunakan suatu pemodelan sistem ini. Dan saya akan menerapkan pemodelan sistem di dalam kehidupan saya sehari hari dan terutama di dalam pekerjaan. Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak atas ilmu yang diberikan kepada saya, karena sangat banyak ilmu baru yang saya dapatkan di dalam mata kuliah permodelan sistem ini. Dan sikap saya, saya akan menerapkan atau mengimplementasikan bagi diri saya dan lingkungan saya serta di dalam dunia kerja sehingga dapat bermanfaaat bagi diri saya, maupun bagi orang banyak serta perusahaan yang di mana pun nantinya saya bekerja.

Unknown mengatakan...

nama : ridhona pratama
nim : 1526201042
kelas : V sore c teknik industri
. mengetahui apa itu permodelan sistem permodelan sisitem yang merupakan representasi dari suatu objek,benda,atau ide ide dalam bentuk yang di sederhanakan berisi informasi informasi tentang suau sisitem yang di buat dengan tujuan mempelajari sistem yang sebenarnya .Meningkatkan kemampuan untuk memformulasikan permasalahan dalam model matematik dengan mempertimbangkan kondisi statis atau dinamis, serta deterministik atau stokastik. Dalam Permodelan sistem terdapat berbagai hal yang dapat dipelajari antara lain Karakteristik. Karakteristik dari permodelan sistem yaitu dibuat dalam bentuk grafis dan tambahan keterangan secara tekstual,dapat diamati dengan pola top-down dan partitioned, memenuhi persyaratan minimal redundancy serta dapat mempresentasikan tingkah laku sistem dengan cara yang transparan.

- saya mengetahui apa itu pemodelan sistem, konsep model, kegunaan pemodelan sistem, cara membuat suatu model, metode pemecahan masalah dalam pemodelan sistem dan cara pengujian model terhadap verifikasi dan validasi dengan baik dan benar.