Senin, 06 Mei 2019

Menuju Kota Dumai Digital


Dumai Digital City adalah suatu konsep masa depan untuk kota Dumai yang lebih progressif, dinamis dan kompetitif karena ditunjang oleh letaknya yang sangat strategis, merupakan gerbang pelabuhan transit di pesisir timur Sumatera.
Dumai Digital City adalah konsep kota digital masa depan dengan memanfaatkan ICT yang terintegrasi dalam satu sistem yang dikelola oleh Pemerintah Kota Dumai. Berisikan tawaran beberapa fitur layanan publik yang lebih  optimal antara lain :
1. E-Government
Konsep E-Government sudah lama kita kenal dan masing-masing daerah memiliki konsep sendiri dalam konten website mereka. Namun secara umum E-Government Dumai Digital City berisikan antara lain :
a. G2G - Government to Government : antara Pemko Dumai dengan Pemerintah Propinsi. Antara Pemko Dumai dengan Aparatur dibawahnya semisal Kecamatan, Kelurahan dan bahkan sampai ke tingkat RT.

b. Akses ViCom : Video Conference yang memungkinkan rapat koordinasi dan rapat sosialisai suatu program dilakukan baik antara Pemerintah Propinsi ke Pemko Dumai maupun antara Pemerintah daerah lain yang memungkinkan.
c.Portal komunikasi masyarakat Dumai : Sebuah portal dan channel khusus yang berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah kota Dumai yang dapat di akses via internet, radio. Manfaatnya warga mengetahui secara langsung arah dan tujuan pembangunan kotanya serta pemerintah mendapatkan masukan apakah aparatur pemerintahannya sudah bekerja secara profesional atau tidak. Sehingga segala bentuk penyimpangan dapat diminimalisir.
d. E-Learning Masyarakat Dumai : Sebuah modul pembelajaran yang disusun sedemikian rupa guna menunjang SDM dan pegawai Pemko Dumai serta dinas terkait dalam menerima, mengguna dan mengembangkan potensi ICT yang sedang digunakan.
e. E-Public Service : Merupakan layanan satu atap dalam pengurusan semua kelengkapan administrasi bagi masyarakat yang terintegrasi secara online dari pihak Pemko Dumai. 
2. E-Booking
Adalah fitur unggulan dari konsep Dumai Digital City mengingat proyeksi kota Dumai sebagai Kota Jasa berbasis ICT lebih terbuka lebar untuk pasar regional maupun internasional.
3. E-Business
Layanan publik yang diperuntukkan bagi kalangan dunia usaha, koperasi , UKM , Home Industry bahkan perajin kecil sekalipun baik kelompok maupun perorangan. Fitur dari E-Business Dumai Digital City meliputi :
1. Peluang Investasi dan Penanaman Modal
2. Pengurusan dan pengajuan Perizinan dan lain-lain
3. Pelayanan Seputar Pajak dan Solusinya
4. Tersedianya Forum Pelaku Bisnis Lokal
Dengan demikian E-Business diharapkan dapat memberikan solusi yang cepat, tepat aman dan nyaman bagi dunia investasi dan pelaku usaha dimanapun berada.
4. E-Society
Dengan E-Society akan memberikan ruang yang lebih luas lagi bagi komponen masyarakat untuk tetap bisa berinteraksi secara lebih luas tanpa harus meninggalkan rumah dan pekerjaan rutin. Membuka berbagai kesempatan dan peluang yang dapat memberikan keuntungan bila dijalankan dengan baik dan sesuai norma pada umumnya. Manfaat yang dapat diambil dengan adanya E-Society adalah :
a.Warga dari berbagai suku dan agama dapat berbaur dalam satu komunitas yang universal sehingga sikap saling menghargai dan menghormati dapat terpelihara.
b.Munculnya paradigma baru dalam bersosialisasi dan berinteraksi sesama warga yang memiliki minat dan keahlian masing-masing. 
c.Saling bertukar informasi, pengetahuan, tips dan menemukan solusi dalam lingkup yang lebih luas.
5. E-Public Information Service
Adalah Layanan Informasi Umum yang dapat diakses via website, SMS Gateway dan mobile device yang kompatibel. Dengan beberapa fitur antara lain :
a. Web Base :
Berisikan informasi yang dapat diakses secara umum melalui website bagi pengguna terdaftar. Memungkinkan penggunanya untuk memposting :
- informasi lowongan
- informasi iklan
- berita dukacita dan kehilangan
- informasi lainnya.
6. E- Schooling
Layanan berbasis website / portal yang bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada anak usia sekolah untuk mendapatkan pendidikan yang murah dan berkualitas. Dirancang dengan system modul dan kurikulum yang disamakan dengan system pendidikan pada umumnya. E-Schooling juga terintegrasi dengan seluruh sekolah bertaraf Internasional.
Manfaat dari E-Schooling ini adalah :
1.Menghemat biaya pembangunan rumah sekolah.
2.Menghemat penggunaan buku (karena sudah ada E-Book)
3.Memberikan Pekerjaan baru bagi Dinas terkait dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang berhubungan dengan E-Schooling.
4.Melibatkan peran aktif universitas dan perguruan tinggi yang terkait dalam penyusunan modul pembelajaran.
5.Manfaat lain yang dapat diambil baik langsung atau tidak.
Implementasi dan Teknologi Pendukung
Sebagai sebuah konsep dari Dumai Digital City tentunya memerlukan skala prioritas dari beberapa point solusi diatas akan menjadi bahan pertimbangan baik untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Secara teknologi mungkin sudah tersedia, tinggal bagaimana teknologi tersebut dapat dipahami dan diterima oleh suatu daerah. Oleh karena itu, peran pemerintah, swasta dan masyarakat serta infrastruktur suatu daerah menjadi pemicu cepat atau lambatnya konsep Dumai Digital City dapat berubah menjadi kenyataan dan dapat dinikmati demi kemaslahatan masyarakat dalam arti yang luas.

Tidak ada komentar: